Ambisi

Ambition is positive character. Ambisi adalah keingin­an untuk mencapai prestasi tertinggi. Orang-orang yang mempunyai ambisi (ambitious persons) mencari yang terbaik pada pekerjaan yang mereka pilih untuk menghasilkan capaian. Ambitious persons seek to be the best.

Tidak dapat dibayangkan jika ada seorang striker dalam bola sepak yang tidak mempunyai ambisi untuk mencetak goal. Dia selalu mengatakan, “Saya diangkat menjadi striker bukan kemauan saya. Saya tidak mengusulkan, tetapi diusulkan.”

Bertahun-ta­hun dia menjadi seorang striker yang tidak mempu­nyai ambisi untuk mencetak gol. Dia tidak mempu­nyai kemauan untuk ditagih hasilnya. Gol adalah prestasi terbaiknya, harapan mencetak gol adalah karakter striker sebenarnya. Dia bukan striker yang dapat ditugaskan untuk mencetak gol, dia menjadi striker hanya sebagai pengisi waktu luang saja.

Seorang penguji wawancara bertanya kepada seorang calon direktur, “Mengapa Anda sangat ber­ambisi menjadi direktur institusi ini?” Dia menjawab dengan cerdas, “Bagaimana nanti kalau saya harus memimpin, Pak, ambisi saja saya sudah tidak mem­punyai. Ambisi adalah keinginan besar untuk me­lakukan sesuatu yang terbaik untuk membesarkan institusi ini.

Kalau saya tidak mempunyai ambisi, untuk apa saya datang ke tempat ini untuk meng­ikuti propertest, membuang energi saja. Datang ke sini adalah satu langkah yang harus saya tempuh untuk mengejar cita-cita besar saya, yaitu berprestasi memimpin institusi ini.

Jika saya tidak mempunyai ambisi, Bapak akan mengalami kesulitan untuk me­nagih prestasi yang harus saya lakukan pada institusi ini. Orang yang tidak berambisi tidak ber­hak untuk ditagih keberhasilan prestasinya, dia bebas dari tuduhan gagal,” katanya.

IMAM ROBANDI
The Ethos of Sakura: Bacaan Bacaan Strategik Pribadi Sukses

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *