Kelola Waktu Anda dengan Bijak

Bila Anda memiliki kehidupan yang sibuk dan Anda tidak mengatur waktu Anda, maka cepat atau lambat kesibukan Anda akan menguasai Anda.

Saya kenal dengan seseorang yang membuat masalah tidur yang serius karena dia idak mengelola waktunya dengan efektif. Dia memiliki tiga orang anak dan bekerja penuh aktu dan hanya “teracak-acak”.

Dia memulai bangun tidur dengan serangan panik dan tak bisa kembali tidur. Dia menemukan bahwa panik menjadi perasaan “di luar kendali” kehidupannya.

Dan dia meluangkan bermalam-malam untuk mengkhawatirkan hal-hal yang “seharusnya” atau “harus diingat” untuk dilakukannya. Ini adalah gejala umum yang dengan mudah berkembang ketika tanggung jawab kita tumbuh.

Sikap mental kamu adalah hal penting yang bisa kamu kendalikan dan kamu harus menggunakan disiplin-diri sampai kamu mampu menciptakan sikap mental positif — karena sikap mentalmu sanggup menarik segala hal yang bisa mewujudkan cita­citamu.
— Napoleon Hill

Syukurlah terdapat solusinya – manajemen waktu. Hasrat Anda untuk menggunakan waktu Anda dengan sebaik-baiknya tergantung bagaimana Anda menilainya. Jika waktu Anda sendiri berharga bagi Anda, maka mulailah mengelolanya.

Latihan

Manajemen Waktu

  1. Tulislah segala hal, buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan, gunakan papan pin, gunakan buku harian.
  2. Lihatlah daftar, papan pin, dan buku harian!
  3. Prioritaskan pekerjaan-pekerjaan Anda. Apakah Anda perlu melakukan semua yang ada pada daftar Anda? Jika tidak, hapuslah poin itu.
  4. Berhentilah menunda-nunda — lakukanlah pekerjaan paling buruk dalam sehari terlebih dulu. Jika Anda terus menunda-nunda segala hal, Anda akan kehilangan rasa penghormatan diri.
  5. Katakan “tidak” pada hal-hal yang tak bisa atau tak ingin Anda lakukan dan katakanlah sekaligus. Jangan meluangkan waktu untuk mengkhawatirkan bagaimana Anda akan (lambat-laun) menggagalkannya.
  6. Luangkan waktu untuk diri Anda sendiri dalam ruangan dalam sehari yang Anda ciptakan dengan manajemen waktu. Jangan hanya melakukan satu pekerjaan lagi untuk mengisi kekosongan itu!

Ketika Anda mengelola waktu Anda dengan efektifAnda telah memberikan nilai pada usaha dan waktu Anda. Anda akan merasa memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan orang lain akan memperlakukan Anda dengan lebih hormat.

Hasrat Anda untuk menggunakan waktu Anda dengan sebaik-baiknya tergantung pada Anda menilainya.

Dr. Margareth Asley
Be Yourself: Simple Guides to Boost Yourself Confidence

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *